efek

Sunday 21 October 2012

Artikel Ilmiah Skuter Ramping


ES PUTER Chrysophyllum cainito SEBAGAI PENANGKAL RADIKAL BEBAS PENCEGAH KANKER
Farida Ayu R., Astrid R. Kuswandani, Syarif M., Lany R. Maryono, Lita D. Indri
Departemen Biologi, Fakultas Sains Teknologi
Universitas Airlangga
Jalan Mulyorejo, Surabaya

ABSTRACK
              Cancer-causing free radicals can be encountered anywhere, such as cigarette smoke, radiation, sunlight, and air pollution that is often found in large cities. Sources of free radicals not only from environmental factors, but can also come from autoxidation, enzymatic oxidation, and respiratory Burts. Therefore we need to consume antioxidants, which comes from the fruit cainito (Crhysophyllum cainito) is one of the sources of biological wealth is abundant in Indonesia, but its potential has not been used optimally. In fact, the nutrients that are rich in antioxidants, cainito can be used as high-value processed materials such as es puter which is favored by the entire community. This program aims to create a cainito’s processed products like es puter, distribute the product to the public, and improve the trade value and economic value of the fruit itself.
The cainito es puter named Skuter Ramping made by a mixture cainito, served with various toppings and attractively packaged. Price Rp 2500.00 per cup product with the production plan number 3000 packs for 3 months. Production stage consists of the procurement of equipment, materials procurement, processing and packaging. Skuter Ramping is distributed in the region of Campus C of Airlangga University. In the future, the next strategy to develop Skuter Ramping is the Laboratory tested for nutritional content of products and simultaneously expand the area of marketing.
The trade and economic value of the Chrysophyllum cainito increased when processed into es puter as Skuter Ramping and gets good response from consumers in 12th times production.

Key words:   Free radicals, Antioksidant, Chrysophyllum cainito, Skuter Ramping.

ABSTRAK
Radikal bebas penyebab kanker dapat kita jumpai dimana saja, seperti asap rokok, radiasi sinar matahari, maupun polusi udara yang sering terdapat di kota-kota besar. Sumber radikal bebas tidak hanya berasal dari faktor lingkungan tetapi dapat juga berasal dari dalam autoksidasi, oksidasi enzimatik, dan respiratory burts. Oleh karena itu kita perlu mengonsumsi antioksidan yang salah satunya berasal dari buah kenitu (Crhysophyllum cainito) merupakan salah satu sumber kekayaan hayati yang melimpah di dataran Indonesia, namun potensinya belum dimanfaatkan secara optimal. Padahal, dengan kandungan gizi yang kaya akan antioksidan, buah kenitu dapat dijadikan bahan olahan bernilai tinggi seperti es puter yang disukai oleh seluruh masyarakat. Untuk itu program ini bertujuan menciptakan produk olahan es puter dan memasarkan produk tersebut kepada masyarakat, serta meningkatkan daya jual dan nilai ekonomis dari buah kenitu itu sendiri.
              Es puter berbahan dasar buah kenitu yang diberi nama Skuter Ramping ini merupakan es puter dengan bahan campuran buah kenitu, yang disajikan dengan berbagai topping dan dikemas secara menarik. Harga produk Rp 2.500,00 per cup dengan rencana produksi sejumlah 3000 bungkus selama 3 bulan. Tahapan produksi terdiri dari pengadaan peralatan, pengadaan bahan, dan pemrosesan kenitu menjadi es puter serta pengemasan. Produk Skuter Ramping ini dipasarkan di wilayah Kampus C Universitas Airlangga. Strategi ke depan dalam upaya pengembangan Skuter Ramping adalah menguji kandungan nutrisi dari produk dan sekaligus memperluas wilayah pemasaran.
              Daya jual dan nilai ekonomis dari buah kenitu Chrysophyllum cainito  meningkat setelah diolah menjadi es puter dimana penjualan Skuter Ramping mendapat respon yang baik dari konsumen selama 12 kali produksi.

Kata kunci:   Radikal bebas, Antioksidan, Chrysophyllum cainito, Skuter Ramping.

PENDAHULUAN
Menurut Arief, radikal bebas didefinisikan sebagai sekelompok bahan kimia berupa atom maupun molekul yang memiliki elektron tidak berpasangan pada lapisan luarnya dan juga merupakan kelompok bahan kimia dengan reaksi jangka pendek yang memiliki satu atau lebih elektron bebas. Karena tidak semua elektron dapat berpasangan sehingga radikal bebas bersifat sangat reaktif. Jika jumlahnya sedikit, radikal bebas dapat dinetralkan oleh sistem enzimatik tubuh, namun jika berlebih akan memicu efek patologis. Radikal bebas merupakan merupakan agen pengoksidasi kuat yang dapat merusak sistem pertahanan tubuh dengan akibat kerusakan sel dan penuaan dini karena elektron yang tidak berpasangan selalu mencari pasangan elektron dalam makromolekul biologi, Protein lipida dan DNA dari sel manusia yang sehat lah merupakan sumber pasangan elektron yang baik. Kondisi oksidasi dapat menyebabkan kerusakan protein dan DNA, kanker, penuaan, dan penyakit lainnya. Radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh manusia berasal dari 2 sumber yaitu endogen dan eksogen. Sumber endogen diantaranya autoksidasi, oksidasi enzimatik, dan respiratory burts, sedangkan radikal bebas yang berasal dari sumber eksogen diantaranya berasal dari obat-obatan, radiasi, dan asap rokok.
Untuk mencegah radikal bebas, kita perlu mengkonsumsi antioksidan yaitu substansi yang menetralkan radikal bebas karena senyawa-senyawa tersebut mengorbankan dirinya agar teroksidasi sehingga sel-sel yang lainnya dapat terhindar dari radikal bebas ataupun melindungi sel dari efek berbahaya radikal bebas. Menjawab masalah tersebut, maka perlu adanya inovasi olahan makanan dengan bahan alami bebas zat berbahaya dan mampu mencegah pengaruh jahat dari radikal bebas. Salah satunya adalah pemanfaatan tumbuhan kenitu atau dalam bahasa Latin Chrysophyllum cainito, karena tumbuhan ini merupakan bagian dari megabiodiversitas flora di Indonesia.
Chrysophyllum cainito  memiliki klasifikasi sebagai berikut:
Kingdom            : Plantae
Divisio                : Magnoliophyta
Kelas                  : Magnoliopsida
Ordo                   : Ericales
Family                : Sapotaceae
Genus                 : Cryposhyllum
Species               : Chrysophyllum cainito L.
Nama Daerah     : Sawo ijo, Sawo hejo, Sawo kadu, dan Kenitu atau manecu.

Tumbuhan kenitu merupakan tumbuhan asal dataran rendah Amerika Tengah dan Hindia Barat, namun kini telah tersebar ke seluruh daerah tropis. Di Asia Tenggara, kenitu banyak ditemukan di Filipina, Thailand dan Indonesia. Persebarannya di Indonesia paling banyak terdapat di Jember, Jawa Timur. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan pohon, selalu hijau dan tumbuh cepat. Dapat mencapai tinggi 30 meter, berumur menahun (parenial), dan termasuk tumbuhan hermaphoditic (self-fertile).
Tumbuhan kenitu berkhasiat sebagai obat pada kulit kayunya, getah, maupun bijinya. Selain itu, tumbuhan tersebut memiliki buah dengan kulit warna hijau dan daging berwarna putih. Buah ini kaya akan zat-zat antioksidan alami yang bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin C, vitamin E, asam fenol, polifenol, flavonoid, dan karoten sehingga dapat berpotensi mengurangi resiko akumulasi radikal bebas sebagai penyebab penyakit kanker dan jantung koroner.
Begitu banyak zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh dan keberadaannya yang masih terbilang langka di masyarakat, mendorong diadakannya usaha pengolahan jajanan berbahan dasar buah kenitu. Jenis olahannya berupa es puter dengan aneka topping yang membedakannya dengan es krim. Selain itu, es puter berbahan buah tersebut memiliki rasa yang unik dan layak untuk menjadi jajanan yang sehat dan bernilai jual tinggi. Oleh karena itu diharapkan produk olahan tersebut dapat diterima di masyarakat agar buah kenitu dapat dikenal lebih jauh oleh masyarakat.

TUJUAN
Penulisan artikel ilmiah ini betujuan untuk meningkatkan daya jual buah Chrysophyllum cainito dengan membuat olahan berupa Skuter Ramping (Es Kenitu Puter Rasa Manis Aneka Topping).

METODE
Untuk membuat 3,5 liter Skuter Ramping (Es Kenitu Puter Rasa Manis Aneka Topping) dalam sekali produksi, diperlukan bahan-bahan diantaranya:
  1. 1,5 kg gula
  2. 2 kaleng susu kental manis
  3. I kemasan tepung maizena
  4. 2 sdm kanji
  5. Air mendidih
  6. 7 liter santan dari 7 buah kelapa
  7. ± 5 sdm garam halus
  8. 1 sdm vanili
  9. Essense buah
  10. Kelapa muda atau degan dari dua buah kelapa (ini sebagai pengganti buah kenitu yang tidak ada sebanyak 4 kg).
Cara membuat Skuter Ramping (Es Kenitu Puter Rasa Manis Aneka Topping) yaitu:
1.      Campurkan 1,5 kg gula, 1 kaleng susu kental manis, maizena, kanji, vanili, dan buah kelapa muda yang sudah diblender kemudian dimasukkan ke dalam air yang telah dipanaskan. Tambahkan santan kental sedikit demi sedikit hingga adonan mengental. Panaskan dengan api sedang sambil terus diaduk. Matikan api lalu dinginkan adonan.
2.      Setelah dingin masukkan ke dalam panci es puter yang pinggirnya telah diberi balok es yang telah dihancurkan dan diberi garam kasar (secara bertahap).
3.      Putar pancinya sampai es di dalamnya membeku.
4.      Menyajikan dengan berbagai macam topping dan siap dipasarkan.

HASIL KEGIATAN
Selama 3 bulan, produk Skuter Ramping berhasil dijual sebanyak 778 cup dalam 12 kali penjualan. Data tersebut secara rinci dapat dilihat di tabel di bawah ini:
Tabel 1.  Tabel Pemasaran Produk Skuter Ramping

No.
Tanggal Penjualan
Jumlah Penjualan (cup)
1.
21 Maret 2012
55
2.
29 Maret 2012
49
3.
03 April 2012
64
4.
05 April 2012
64
5.
10 April 2012
73
6.
13 April 2012
79
7.
01 Mei 2012
79
8.
04 Mei 2012
76
9.
08 Mei 2012
79
10.
11 Mei 2012
76
11.
15 Mei 2012
44
12.
16 Mei 2012
40
Total
778

Hasil penjualan produk tersebut dijumlahkan sehingga dapat dihitung nilai BEPnya (Break Event Point) dengan rumus sebagai berikut:

            BEP (unit) =  ; BEP (rupiah) =

Dimana :
FC = Fixed Cost (Biaya tetap)           
VC = Variable cost (Biaya variabel)
P    = Price (Harga jual)


Diketahui,      
FC = Rp1.328.500,00
VC = Rp1.650,00 (per unit/bungkus)
P   =  Rp2.500,00 (per unit/bungkus)
     Sehingga diperoleh:
BEP (unit) =  = 1.563
BEP (rupiah) =  = Rp 5.830.500,00

PEMBAHASAN
Produk Skuter Ramping merupakan produk yang dibuat dengan tujuan menciptakan jajanan yang sehat, tanpa bahan pengawet, dan kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah kenitu (Crhysophyllum cainito) merupakan agen antikanker karena termasuk dalam antioksidan. Buah kenitu sendiri merupakan buah yang belum banyak dikenal oleh masyarakat, sehingga dengan adanya produk ini dapat mempopulerkan buah kenitu jika dikonsumsi baik untuk kesehatan.
Pembuatan dan pemasaran produk ini merupakan kegiatan dari Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK) yang berjalan selama 3 bulan. Dalam pelaksanaan program ini terdapat kendala utama yaitu tidak adanya buah kenitu di pasaran karena belum musim berbuah. Oleh karena itu, solusi yang ditawarkan adalah mengganti buah kenitu dengan buah kelapa.
Produk Skuter Ramping ini selain karena bahan baku yang unggul kelebihan lainnya adalah produk ini disajikan dengan baik dengan menambahkan aneka topping di permukaan atas es puternya. Hal ini membuat produk Skuter Ramping dapat diterima di masyarakat khususnya warga Kampus C Universitas Airlangga. Produk ini telah terjual sebanyak 778 gelas (cup) selama 12 kali penjualan. Hasil penjualan belum mencapai Break Event Point yaitu pada penjualan sebanyak 1.563 gelas (cup). Nilai tersebut merupakan target untuk dapat meneruskan program ini secara berkelanjutan karena produk Skuter Ramping ini dapat diterima di masyarakat.
KESIMPULAN
            Produk Skuter Ramping merupakan produk yang dapat diterima masyarakat. Walaupun belum mencapai target penjualan untuk mencapai Break Event Point, target ini dapat dicapai selama program ini berlanjut.
DAFTAR PUSTAKA
www.metris-community.com/antioksidan-dan-radikal-bebas/ diakses pada tanggal 3 Juni 2012 pukul 14.25
Arief, Sjamsul. “Radikal Bebas” http://www.pediatrik.com/buletin/06224113752-x0zu6l.pdf daikses pada tanggal 3 Juni 2012.

No comments:

Post a Comment

Search box

Onion Club - Onion Head - Onion-kun