efek

Monday 22 October 2012

Kajian Ilmiah tentang CINTA


2 hearts, 2 heads, 1 vision :)


Cinta, tentu semua orang pernah merasakan cinta.. cinta tidak sebatas hanya perasaan kepada pasangan (baik pacar, suami/istri) tapi juga perasaan kepada orang tua, kakak, adik, keluarga, teman, musuh,bahkan orang lain yang tidak kenal sekalipun. Bahagianya manusia karena telah diberi karunia Allah SWT berupa rasa cinta.

Cinta adalah “Aku percaya kamu, kamu percaya aku. Aku sayang kamu, kamu sayang aku. Aku peduli sama kamu, kamu peduli sama aku, dst” – Yafie, 20tahun.

Menurut Wikipedia: “Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.”


Tahukan kamu bahwa proses kita mencintai itu dapat dijelaskan secara ilmiah?


Senin, 15 Oktober 2012

Saya mendapat kuliah mengenai “KAJIAN ILMIAH TENTANG CINTA”, saya pikir kuliah ini sangat menarik dan bermanfaat karena kita masih muda, dan banyak dari kita yang pernah mengalami “serangan” cinta ini, sehingga banyak dari mahasiswa yang mengikuti perkuliahan tersenyum dan tersipu-sipu saat mengikuti kuliah ini, termasuk saya ;) hehehe


 Seperti kata dosen saya, “Orang yang dimabuk cinta itu terlihat tidk jauh beda dengan penderita sakit jiwa” Cinta melibatkan faktor genetik, karena seseorang cenderung tertarik dengan orang yang memiliki bau tubuh sama dengan bau tubuh orang tuanya.


Dalam tubuh manusia terdapat 2 fase yang dapat menciptakan ketertarikan terhadap seseorang, yaitu:
  1. Fase Lust, dimana ketika melihat penampilan seseorang hati akan merasa senang, dan timbulnya gairah sexual yang diciptakan oleh hormon testosteron dan estrogen.
  2. Fase Attraction, dimana pada fase ini seseorang merasa tergila-gila karena darah akan mengalir ke pusat otak dan mengatur rasa bahagia sehingga timbul fenomena “Cinta Pada Pandangan Pertama”.


Coba jelaskan, “Bagian tubuh mana yang bertanggung jawab menciptakan ketertarikan pada seseorang?”
Jawabannya adalah OTAK pada bagian HYPOTHALAMUS! :D

Karena hypothalamus adalah gudang dari segala hormon. Hypothalamus berperan penting untuk mensintesis dan mensekresi neurohormon yang biasa disebut hypoyhalamic realeasing Hormones untuk menstimulasi atau menghambat sekresi dari Pituitary hormones.
 
Hormon-hormon yang terlibat pada proses mencintai seperti, dopamine, adrenaline, norepinepherine, oxytocin, vasopression,  serotonin, monoamine, dll

  •  Dopamine                                                           : berperan menciptakan rasa bahagia, membuat lebih cantik, jantung berdetak 3X lebih cepat, aliran darah banyak ke organ sexual dan bagian pipi sehingga pipi tampak merona saat sedang tersipu.
  • Adrenaline dan norepinepherine             : menciptakan rasa kesenangan dan kegelisahan (galau kalau kata anak jaman sekarang :P), dan membuat jantung berdebar.
  • Serotonin                                                            : hormon ini menyebabkan otak bekerja tidak jauh berbeda seperti kerja otak pada penderita sakit jiwa.

“Cinta itu kue manis ciptaan Tuhan yang kita tidak pernah bosan mencobanya..” Yafie – Mahasiswa BC.



“Cinta itu, kita ngelakuin banyak hal buat orang yang disayangi tanpa pamrih, suka apa adanya tanpa menuntut kesempurnaan” Naru – 20 tahun.

"Cinta itu moodbooster" Arif - Mahasiswa Akuntansi.
"kalau kita cinta sama sesuatu, pasti kita rela mengorbankan yang lainnya demi the only one itu, apapun itu.. karena kita tau dengan itu hidup kita bakal lebih berwarna dan lebih bersemangat jalanin hidup ini" Arif - cerita lanjutan.



Terakhir, "Cinta ibarat oksigen, bila kekurangan sedikit saja sel-sel tubuh akan mati" Rida - Mahasiswi Biologi.


Sehingga benar kata Gombloh, “Kalau cinta sudah melekat, tahi kucing rasa coklat" hahahaha dan orang kalau sedang jatuh cinta dunia serasa milik berdua dan yang lain mengontrak :P

I found it at Madura Island and it's my 1st time being there. July 4th, 2009


No comments:

Post a Comment

Search box

Onion Club - Onion Head - Onion-kun